KELOMPOK MEDIA



KELOMPOK KESATU : MEDIA GRAFIS, BAHAN CETAK, DAN GAMBAR DIAM
1.    MEDIA GRAFIS
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide tau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
2.    MEDIA BAHAN CETAK
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan.
3.    MEDIA GAMBAR DIAM
Media gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalahh foto.

MEDIA KEDUA : MEDIA PROYEKSI DIAM
Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya ridak bergerak atau memiliki sedikit unsure gerakan..
1.    MEDIA OHP DAN OHT
OHT (Overhead Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector). OHT terbuat dari bahan transparan ysng bisanya berukuran 8,5 x 11 inci.
2.    MEDIA OPAQUE PROJEKTOR
Opaque Projektor atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak tenbus pandang, seperti buku, foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, Opaque Projektor ini tak memerlukan transparansi, tapi memerlukan penggelapan ruangan..
3.    MEDIA SLIDE
Media slide atau film bingkai adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide. Slide atau film bingkai terbuat dari film positif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton atau plastic. Film positif yang digunakan untuk film slide adalah film positif yang ukurannya 35 mm dengan ukuran bingkai 2 x 2inci. Sebuah program slide biasanya terdiri atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung pada bahan/materi yang akan di sampaikan.
4.    MEDIA FILMSTRIP
Filmstrip atau film rangkai atau film gelamg adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama dengan media slide.

KELOMPOK KETIGA : MEDIA AUDIO
Media audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran.
1.    MEDIA RADIO
Radio adalah media audio yang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elektronik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalaui gelombang elektromagnetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesa atau informasi tersebut dari pesawat radio di rumah-rumah ata para siswa medengarkannya di kelas-kelas.
2.    MEDIA ALAT PEREKAM PITA MAGNETIK
Alat perekam pita magnetic atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan pesannya melalui proses perekaman kaset audio. Tidak seperti radio, yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai alat pemancarnya.

KELOMPOK KEEMPAT : MEDIA AUDIO VISUAL DIAM
Media audio visual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera penglihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memliki unsure gerak.
Jenis media ini antara lain media soun slide (slide suara), film strip bersuara, dan halaman bersuara.
KELOMPOK KELIMA : FILM (MOTION PICTURES)
Film dissebyt juga gambar hidup, yaitu serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenaya, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya.
Ada beberapa jenis film, diantaranya film bisu, film bersuara, dan film gelangyang ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tak memerlukan penggelapan ruangan.
KELOMPOK KEENAM : TELEVISI
Televise adalah media yang dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak. Jenis media televise diantaranya: televise terbuka (open boardcast television), televise siaran terbatas/TVST (cole circuit Televirion/ CCTV), dan vidr-cassete recorder (VCR).

KELOMPOK KETUJUH : MULTI MEDIA
Multi media merupakan suatu system penyampaian pesan dengan mengguanakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audiovisual.
Sumber:
Susilana, Rudi & Riyana Cepi, 2008. Media Pembelajaram. Bandung: CV Wacana Prima

0 Response to "KELOMPOK MEDIA"

Posting Komentar